Kuliner Legendaris Kota Magelang Langganan SBY: Kupat Tahu Pojok

  Kamis, 22 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Kupat Tahu Pojok (Dok Eva Affiannada Permata Sari)

MAGELANG, AYOYOGYA.COM -- Kota Magelang, Jawa Tengah terkenal dengan  objek wisatanya yang melimpah mulai dari wisata alam, budaya, maupun sejarah. Tak hanya itu, ternyata Magelang juga tidak kalah akan jajanan kuliner yang melegenda.

Salah satunya yaitu, Kupat Tahu Pojok yang merupakan kuliner legendaris di Kota Magelang sejak 1942, artinya sebelum Indonesia merdeka. Bila Anda berkunjung di Kota Magelang, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir di salah satu kuliner yang legendaris di Kota Magelang ini, yaitu tepatnya di Jalan Tentara Pelajar Kios Nomor 14, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. 

Satu porsi kupat tahu dibandrol dengan harga Rp15.000 lengkap dengan berbagai macam isian. Isinya seperti ketupat, tahu, taoge, kubis, seledri, bakwan goreng, yang kemudian disiram menggunakan kuah sambal kacang yang menjadi ciri khas dari Kupat Tahu Pojok ini. Terakhir kupat tahu ini ditaburi bawang goreng untuk mempercantik tampilan.

kupat-tahu-pojok
Kupat Tahu Pojok (Dok Eva Affiannada Permata Sari)

Adapun yang membedakan Kupat Tahu Pojok dengan kupat tahu lainnya, yaitu cita rasa dari kuah itu sendiri yang memiliki rasa manis dan gurih, sehingga menggugah selera lidah. Bila Anda penyuka rasa pedas, maka bisa minta sendiri kepada penjual berapa tingkat kepedasan yang Anda inginkan. 

Sebagai pendamping makan, warung Kupat Tahu Pojok ini juga menyediakan kerupuk dan rempeyek kacang yang ditempatkan pada beberapa toples jadul di atas meja, serta beberapa macam gorengan, dan sate. Selain itu, warung Kupat Tahu Pojok juga menyediakan minuman seperti es dawet, ronde, es campur, teh panas atau dingin, air mineral, minuman saparella, minuman jeruk, dan lain sebagainya. 

kupat-tahu-pojok-2
Kupat Tahu Pojok (Dok Eva Affiannada Permata Sari)

Tidak perlu diherankan lagi, tokoh figure pun juga pernah menyempatkan diri untuk mampir makan di Kupat Tahu Pojok ini seperti, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta Alm. Ibu Ani Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, pejabat penting lain, dan artis papan atas Indonesia sempat ke Kupat Tahu Pojok.

Saking enaknya, SBY pun bila berkunjung ke Kota Magelang pasti menyempatkan diri mampir ke warung Kupat Tahu Pojok ini (langganannya bersama Ibu Ani dulu). Sebab beliau sangat menyukai kupat tahu, ujar mantan Presiden keenam RI tersebut dilansir dari laman Facebook SBY yang ditulis pada 3 Januari 2021. (Eva Affiannada Permata Sari / magang Ayoyogya.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar