2 Cara Mengatasi Anosmia akibat Covid-19

  Kamis, 22 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi cara melatih indra penciuman (freepik.com)

AYOYOGYA.COM -- Anosmia merupakan keadaan di mana seseorang kehilangan indra penciumannya.

Seseorang yang mengalami anosmia ini akan sulit mengenali bau apapun, bahkan untuk merasakan makanan pun tidak bisa, semua makanan terasa hambar atau tidak berasa. Istilah anosmia ramai dibicarakan akhir-akhir ini karena termasuk ke dalam salah satu gejala yang dialami oleh pasien Covid-19.

Anosmia dinilai berbahaya karena biasanya setelah menderita anosmia, berlanjut ke hilangnya indera pengecapan. Hal ini akan berakibat buruk bagi seseorang yang menderitanya karena seseorang dapat kehilangan nafsu makan hingga tidak dapat mencium bau gas berbahaya, asap dan lain sebagainya. 

Anosmia akibat Covid-19 bisa diatasi dengan melakukan beberapa tips sederhana. Berikut tips mengembalikan indra penciuman seperti dirangkum dari Suara.com dan Halodoc.com.

Melatih Indra Penciuman

Journal of the American Medical Association (JAMA) – “Olfactory Dysfuncion in COVID-19 Diagnosis and Management” menyebutkan bahwa anosmia pada seseorang yang terinfeksi Covid-19 bisa diatasi dengan melatih indera penciumannya.

Langkah ini dinilai cukup efektif dilakukan karena selain bisa dilakukan di rumah, juga tidak memerlukan biaya yang tinggi. Pelatihan penciuman ini dilakukan oleh penderita dan penyintas Covid-19 dengan menghirup aroma atau bau yang berbeda secara berulang-ulang seperti lemon, cengkeh, mawar, dan kayu putih. 

Latihan penciuman ini bisa dilakukan dengan cara :

- Meletakkan empat bau yang tergolong kuat (menyengat) seperti lemon, cengkeh, mawar, dan kayu putih di bawah hidung dan dihirup selama 20 detik. 
- Mencium empat aroma tersebut dan memikirkan seperti apa aroma yang seharusnya. 
- Latihan di atas dilakukan masing-masing 2-3 kali sehari dengan bau yang sama selama minimal 3 bulan (jika memungkinkan bisa dilakukan lebih lama).

Kapasitas sel neurogeneratif, sel khusus di daerah hidung yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan indera penciuman, diperkirakan dapat meningkat dengan paparan bau atau aroma yang berulang-ulang seperti cara di atas.

Membersihkan Bagian Dalam Hidung 

National Health service (NHS) menyebutkan bahwa membersihkan bagian dalam hidung akan membantu mengatasi anosmia. Cara ini cukup mudah dilakukan karena bisa dilakukan di rumah yaitu dengan membilas bagian dalam hidung menggunakan larutkan garam atau air garam. Cara ini dapat membantu mengembalikan penciuman yang bermasalah akibat infeksi maupun alergi. 

Itulah beberapa usaha yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anosmia akibat Covid-19. Tidak dapat dipungkiri bahwa terlalu cepat untuk mengatakan latihan indera penciuman dan membersihkan bagian dalam hidung merupakan cara yang paling ampuh.

Namun, tidak ada salahnya kita mencoba. Selain bisa dilakukan di rumah juga tidak akan menimbulkan efek samping apapun. (Ratna Aprilia Putri / magang Ayoyogya.com)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar