Telang, Si Kecil Cantik Penjaga Daya Tahan Tubuh

  Selasa, 20 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Pengeringan bunga telang eh Srikandi Tani di Candimulyo. (Dok Windi Mega)

MAGELANG, AYOYOGYA.COM -- Masyarakat mengembangkan berbagai usaha untuk mencukupi kebutuhan hidup di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya, petani telang. Telang merupakan nama dari salah satu ramuan herbal yang identik dengan warna ungu kebiru-biruan. 

Para petani telang merupakan kelompok wanita tani yang kerap disapa Srikandi Tani, berlokasi di daerah Kebonrejo, Candimulyo, Kabupaten Magelang. Usaha Bunga Telang dirintis pada akhir 2020.

Pada perkembangannya, ramuan telang ini dapat melakukan ekspor dengan negara lain. Tapi terdapat regulasi yang mengharuskan pengekstrakan pada pengolahan bunga telang sehingga tidak boleh berbentuk bunga. 

Si kecil cantik ini mempunyai banyak manfaat, seperti mencegah kolestrol, darah tinggi, dan sebagai obat tetes mata. Selain itu, sapat dipakai sebagai pewarna makanan, contohnya nasi biru.

Pengolahan bunga telang dapat terbilang sederhana, cukup dikeringkan selama satu hari satu malam. Jika dirasa kurang kering maka petani telang menggunakan oven untuk memaksimalkan proses pengeringannya serta menjaga kualitas warna pada bunga telang agar tidak pudar. 

“Bunga Telang dibandrol dengan harga 25 gram Rp15.000 dan 1 kg Rp600.000 lumayan hasilnya bisa buat bayar UKT satu semester,” kata salah satu Srikandi Tani. 

Jika ingin dihidangkan sebagai minuman, cukup menyeduh bunga telang dengan tambahan jeruk nipis, madu, atau gula batu. Tapi, bila untuk obat-obatan tidak perlu menambahkan perasa lainnya. Tidak ada batasan umur untuk mengkonsumsi ramuan ini hingga bisa digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi. (Windi Mega Saputri / magang Ayoyogya.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar