Sejarah dan Pesona Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia

  Selasa, 20 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Candi Borobudur berlokasi di Magelang, Jawa Tengah (Dokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf)

MAGELANG, AYOYOGYA.COM -- Siapa yang tak kenal dengan Candi Borobudur? Candi Buddha terbesar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. 

Borobudur merupakan salah satu objek wisata sejarah yang mendunia. Wisata Candi Borobudur, menampilkan pemandangan yang indah seperti pegunungan, bukit-bukit, dan panorama matahari terbit. 

Candi Borobudur merupakan situs arkeologi candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur dibangun sekitar 780-840 Masehi pada Dinasti Syailendra. Candi ini dibangun sebagai tempat peribadatan umat Buddha. Sempat 'menghilang', candi ditemukan kembali pada 1814 oleh pasukan Inggris yang dipimpin Stamford Raffles.

Borobudur tercatat sebagai warisan dunia UNESCO pada tahun 1991, selain itu candi ini merupakan salah satu ikon wisata sejarah di Indonesia, yang banyak menampilkan keindahan, mulai dari pesona alamnya sampai sisi sejarahnya yang memukau. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berkunjung menikmati pemandangan dan mengagumi cerita sejarahnya.

Pesona relief-relief yang indah, suasana pedesaan yang kental, udara yang sejuk, dan juga pemandangan hamparan sawah yang menyejukkan mata, akan membuat wisatawan lupa dari penatnya kesibukan di kota. Candi Borobudur juga sering dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, yang ingin berlibur dan merasakan sensasi wisata alam dan wisata sejarah yang disajikan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mulai dari keluarga hingga instansi. 

Berbagai tempat wisata juga dapat Anda kunjungi di sekitaran Candi Borobudur, wisatawan dapat mengunjungi Candi Mendut dan Candi Pawon yang terletak satu garis lurus dengan Candi Borobudur. Melihat indahnya matahari terbit dari Punthuk Setumbu, melihat perbukitan sekitar Candi Borobudur dari Gereja Ayam, atau berkeliling di sekitaran Candi Borobudur dengan menggunakan mobil antik VW dapat dilakukan oleh berbagai wisatawan. Selain itu, di sekitar Candi Borobudur juga terdapat banyak BALKONDES atau Balai Konservasi Desa yang menawarkan penginapan dengan tema alam. 

Untuk dapat menuju ke lokasi wisata Candi Borobudur ini sangatlah mudah. Para wisatawan mancanegara dapat menempuh perjalanan melalui dua kota besar terdekat dari Candi Borobudur yang menyediakan penerbangan internasional, yaitu Yogyakarta dan Semarang. Untuk wilayah Magelang dan sekitarnya dapat menempuh perjalanan darat dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Wisatawan juga dapat menggunakan jasa travel untuk mempermudah akses menuju taman wisata candi Borobudur. 

Nah, itulah tadi sedikit gambaran mengenai pesona Candi Borobudur. Buat Anda yang ingin merasakan sensasi menikmati wisata sejarah dengan nuansa alam secara langsung, silahkan langsung datang ke Taman Wisata Candi Borobudur, di Magelang Jawa Tengah. (Khoirunnissa 'Azizah / magang Ayoyogya.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar