Ingin Menaikkan Berat Badan? Kebiasaan Ini yang Harus Anda Lakukan

  Selasa, 20 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi seseorang yang sedang mengukur berat badan. (Independent via Republika.co.id)

AYOYOGYA.COM -- Banyak orang yang mengeluhkan persoalan berat badan sehingga merasa insecure.

Berat badan memang menjadi keresahan bagi seseorang, ada yang merasa berlebihan maupun merasa kurang. Dalam kesehatan tentu saja berat badan sangat diperhatikan tidak boleh terlalu kurus dan berlebihan. 

Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan adalah tantangan yang berat, karena sudah makan banyak tetapi tak kunjung naik-naik. Hal ini membuat frustasi dan sedih, karena tak kunjung naik berat badan.

Tentu saja dalam menambah berat badan tidak boleh sembarangan atau asal makan banyak agar gemuk. Hal itu salah, karena menambah berat badan itu bukan perkara lemak, tetapi massa otot yang perlu ditingkatkan.

Percuma saja, jika sudah sesuai target namun ternyata hanya lemak. Bahkan lemak juga akan membuat pengaruh yang buruk untuk tubuh. 

Jika ingin menambah berat badan, Anda harus mengonsumsi makanan yang dibutuhkan untuk tubuh. Kemudian Anda juga harus menjaga pola makan yang teratur.

Namun selain itu, Anda harus tetap memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, menjaga pola makan yang baik dan harus memenuhi nutrisi kebutuhan tubuh. Karena percuma saja jika makanan yang Anda konsumsi itu banyak tetapi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi.

Berikut adalah kebiasan baik yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan berat badan:

Biasakan sarapan sebelum jam 9 pagi.

Sarapan pagi sangat penting dilakukan karena manfaat dari sarapan itu dapat memberikan energi atau kekuatan untuk mengawali aktivitas pada pagi hari. Sarapan sangat baik untuk tubuh, sarapan dapat menambah nutrisi dan vitamin.

Makan sesering mungkin.

Untuk menaikkan berat badan tidak makan yang banyak dalam sekali waktu, tetapi kamu bisa makan sehari 4 sampai 5 kali sehari. Porsi makan yang sedikit tetapi dilakukan sesering mungkin akan menaikkan berat badan kamu. 

Sering ngemil 

Membiasakan diri untuk ngemil, ngemil baik untuk menaikkan berat badan, tetapi perlu diingat pilihlah cemilan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh agar tidak sia-sia seperti, roti, biskuit, kacang-kacangan dan coklat. 

Mengonsumsi smoothies dan protein shake 

Smoothies adalah minuman yang terbuat dari berbagai buah-buahan segar seperti pisang, alpukat, dan mangga dapat membantu Anda untuk menaikkan berat badan karena buah-buahan banyak mengandung kalori.

Susu dan coklat juga dapat membantu untuk menaikan berat badan. Anda bisa membuat campuran buah dan susu atau coklat ini menjadikan minuman yang sehat tetapi tidak perlu ditambahkan gula lagi, minuman sehat ini akan membantu Anda untuk menaikan berat badan secara sehat.

Olahraga
 
Meskipun Anda ingin menambah berat badan olahraga sangat penting untuk dilakukan karena lemak yang ada tetap harus dihilangkan. Menaikan berat badan itu tidak dengan menimbun lemak tetapi massa otot yang harus dibentuk agar berat badan bertambah. Untuk menaikan berat badan olahraga yang harus Anda lakukan adalah yang dapat menambah massa otot seperti, angkat beban agar otot di tubuh Anda dapat terbentuk dan hidari olahraga yang dapat membakar banyak kalori dalam tubuh. (Ika Andika Dewi Andini / magang Ayoyogya.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar