Modif Motor Grasstrack Bisa Setara dengan Bangun Rumah

  Selasa, 20 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi -- motor dari Joncik Muhammad Racing Team (JMRT) (Dok beritabalap.com)

AYOYOGYA.COM -- Halo throttlers, pada kesempatan kali ini kami akan membahas biaya pembuatan motor grasstrack untuk jenis bebek modifikasi. 

Diketahui, grasstrack adalah olahraga balap motor yang menggunakan motor asal pabrikan yang kemudian dimodifikasi. Lalu berapa perkiraan biaya untuk membangun sebuah motor grasstrack kelas bebek modifikasi?

mesin
(Instagram / @berangberangproduct)

1. Mesin

Kami mulai dari sektor yang paling utama, nih throttlers, yaitu mesin. Di dunia grasstrack mesin yang paling sering kita temui adalah mesin dari pabrikan Yamaha dan Honda. Dari pabrikan Yamaha ada Crypton, Vega, dan juga Jupiter, sedangkan dari pabrikan Honda adalah Blade. Satu lagi, nih throttlers, dari pabrikan Kawasaki, yaitu Athlete. Tapi Kawasaki Athlete ini sangat jarang kita temui di dunia grasstrack saat ini. 

Nah, biaya satu fullset mesin dengan tuning untuk kebutuhan Grasstrack berada di kisaran 20-40 juta.

Whats-App-Image-2021-07-16-at-17-23-48
(Instagram / @pratamabobby28)

2. Shockbreaker Belakang

Yang kedua nih throttlers, yaitu shockbreaker atau peredam kejut bagian belakang. Untuk shockbreaker belakang ini banyak sekali pilihannya, namun untuk performa maksimal shockbreaker belakang ini dibandrol harga 18 juta. Ditambah dengan upgrade shockbreaker senilai 2 juta, maka total dari harga shockbreaker belakang ini adalah 20 juta.

Whats-App-Image-2021-07-16-at-17-24-16
(Instagram / @jcsuspensionsurabaya)

3. Shockbreaker Depan

Kita lanjut yang ketiga throttlers, yaitu saudara dari shocbreaker belakang. Ya, shockbreaker depan throttlers. Untuk kelas bebek modifikasi di dunia balap, biasanya shockbreaker depan ini menggunakan Plug and Play (PnP) dari motor spesial engine (SE). Untuk copotan yang paling sering kita temui di dunia grasstrack adalah milik motor dari garputala throttlers, yaitu Yamaha YZ 85. 

Shockbreaker depan Yamaha YZ 85 berada di kisaran 8,5-9jt dan untuk upgradenya membutuhkan biaya 2 juta. Jadi total biaya shockbreaker depan ini kira-kira 11 juta throttlers.

Whats-App-Image-2021-07-16-at-17-24-33
(Instagram / @jtmx_jogja)

4. Cover dan Frame

Frame balap grasstrack ini juga ga kalah penting throttlers, semakin kuat frame, tentu akan semakin mantap juga untuk melibas jumpingan, tabletop, lumba-lumba, dan handicap lainnya. Ditambah dengan cover yang menutupi frame tentu membuat penampilan motor semakin kece throttlers.

Biaya untuk pembuatan frame, pembelian cover dan decal sendiri memakan biaya 20juta throttlers.

Whats-App-Image-2021-07-16-at-17-24-49
(Instagram / @bebekstandartnmodif)

5. Pernak-Pernik Lainnya

Yang kelima nih throttlers, yaitu pernak pernik lainnya, seperti pengereman, rantai, handlebar, dan lainnya kira-kira membutuhkan biaya 2-5juta throttlers.

Oke throttlers, itu tadi kisaran biaya pembangunan motor grasstrack untuk kelas bebek modifikasi. Harga-harga di atas untuk motor dengan spek istimewa ya throttlers, total keseluruhan berada di 90-jutaan.

Waw hampir setara dengan rumah nggak tuh? Tapi tenang aja throttlers, bagi kalian yang mau bangun motor grasstrack bebek modifikasi bisa menghemat pembelanjaan dengan membeli part-part yang kalian nilai mampu saja throttlers. (Saftiko Nurrahman / magang Ayoyogya.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar