Mahir Public Speaking untuk Introvert dengan 4M

  Selasa, 20 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi public speaking (Photo by ICSA from Pexels)

AYOYOGYA.COM -- Berbicara di depan umum merupakan keahlian yang gampang-gampang susah.

Kenapa? Skill public speaking ini sebenarnya mudah bagi anak yang terbiasa dan banyak berlatih berbicara di depan orang banyak. Lalu bagaimana dengan mereka yang introvert?

Anak yang introvert cenderung grogi dan takut jika disuruh berbicara di hadapan orang banyak. Anggapan mereka mengenai reaksi penonton yang berlebihan bisa jadi salah satu penyebab munculnya rasa takut itu. Misalnya mereka takut jika penonton mencibir, mengusir bahkan melempari mereka. Padahal, tidak mungkin jika audiens bertindak demikian. Mereka hanya fokus pada apa yang akan kita bicarakan dan tentu tidak akan menghardik. Jadi, jangan takut dan tak perlu berandai-andai sesuatu yang buruk akan terjadi, terus berlatih dan buktikan bahwa kalian juga bisa menjadi pembicara yang andal. 

Ada empat tips untuk kalian yang introvert agar mahir dalam public speaking. Simak penjelasannya berikut:

1. Mencari Role Model 

Menjadi seorang yang terampil dalam public speaking adalah impian semua orang. Namun, tanpa latihan yang cukup tentu akan susah untuk mewujudkannya.

Sebelum mulai latihan, Anda bisa mencari role model yang menginspirasi dan memotivasi diri agar menjadi seorang pembicara baik adalah langkah awal untuk mewujudkan impian itu. Bukan meniru, melainkan mencari tahu bagaimana teknik bicaranya, bagaimana cara dia menghadapi audiensnya, dan bagaimana sikap serta ekspresinya agar penoton tetap fokus pada apa yang dibicarakan. 

Ada banyak tokoh public speaker ternama di Indonesia yang bisa dijadikan role model. Misalnya seperti Najwa Shihab yang tegas, serius dan elegan dalam berbicara, Ernest Prakasa yang bisa menjadi komika sekaligus kritikus lembut dengan diksi indahnya dalam berbicara berhasil menghipnotis penonton dan masih banyak lagi role model yang bisa kita jadikan contoh menjadi public speaker yang baik.

2. Mempersiapkan Materi

Persiapan materi yang benar-benar matang akan membantu memperlancar berbicara. Selain apa yang kita bicarakan lebih tertata dan tersusun rapi, mempersiapkan materi sebaik mungkin juga menjadi perhatian bagaimana kualitas materi Anda. Carilah materi dari sumber-sumber terpercaya dan data yang valid. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap memasukkan unsur lucu di dalamnya agar penonton tidak bosan.

3. Mencoba Berbicara di Depan Cermin

Berdiri di depan cermin sambil latihan berbicara tentang materi yang sudah dipersiapkan sebelumnya adalah cara yang paling mudah dilakukan. Perhatikan sikap dan ekspresi yang tepat menurut versi kalian dan role model yang dijadikan inspirasi.   

4. Melakukan Langsung Berbicara di Depan Umum

Public speaking adalah suatu kemampuan yang tidak mungkin berhasil dikuasai jika hanya belajar teori saja. Praktik langsung di depan umum adalah jurus jitu mahir berbicara.

Bagi introvert memunculkan rasa percaya diri memanglah sulit, tetapi cobalah dahulu. Langkah awal untuk belajar percaya diri dan berani berbicara di depan orang lain adalah kalian bisa berlatih di depan keluarga, anggaplah mereka sebagai penonton yang tidak kita kenal.

Jika memang gugup, ungkapkan saja jika kalian gugup kepada penonton. Utarakan perasaan kalian saat berada di atas panggung sebelum memulai berbicara. Itu akan mengurangi rasa takut dan gugup yang berlebihan.

Itulah empat tips bagi seorang introvert yang ingin mahir public speaking. (Ratna Aprilia Putri / magang Ayoyogya.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar