Segarnya Ndas Gending, Objek Wisata Pemandian Mertoyudan Magelang

  Selasa, 20 Juli 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Objek wisata Ndas Gending yang berlokasi di Desa Ganjuran, Sukoharjo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Yohanes Dwiki H.W)

MAGELANG, AYOYOGYA.COM -- Ndas merupakan salah satu tempat pemandian air bening atau objek wisata yang berada di Desa Ganjuran, Sukoharjo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pemandian mata air yang berasal murni dari dalam tanah ini biasanya digunakan warga setempat untuk mengambil air untuk memasak, digunakan untuk berenang, bahkan mencuci pakaian. Air yang bening seakan-akan membuat rasa penasaran semua orang untuk datang mengunjungi tempat mata air tersebut.

Ndas Gending atau yang sering akrab di sapa masyarakat setempat Gending Ndas ini, merupakan sumber mata air atau kepala dari Sungai Gending. Sungai Gending ini adalah aliran murni dari mata air Ndas Gending yang melewati pinggiran Perumahan Kalinegoro yang berakhir bertemu dengan Sungai Progo.

Jarak akses dari perkotaan untuk menuju Ndas Gending ini hanya memakan waktu sekitar 20-30 menit saja.

Ndas Gending memiliki 3 tempat pemandian, yaitu pemandian untuk pria, wanita, dan anak kecil. Kedalaman pemandian di Ndas Gending ini juga sudah di sesuaikan dengan tingkatnya masing-masing. 

Dikelilingi beberapa pohon rindang seakan-akan menambah kesejukan di setiap sudut apabila Anda ingin berenang di Ndas Gending tersebut.

Namun untuk akses kendaraan besar seperti bus kurang memungkinkan untuk sampai di lokasi tujuan. Sedangkan untuk mobil, sepeda motor masih bisa mengakses jalan menuju mata air Ndas Gending. Hal tersebut dikarenakan lokasi Ndas Gending ini berada di tengah-tengah pedesaan Ganjuran Sukoharjo. 

Fasilitas yang ada di mata air Ndas Gending ini meliputi musala, kamar ganti, warung makan, serta ayunan untuk anak-anak yang takut akan kedalaman

Meskipun pada musim kemarau, Ndas Gending tidak pernah mengalami surut air. Mata air Ndas Gending ini tak kenal musim kemarau.

Pada musim kemarau tidak mengurangi minat masyarakat untuk datang ke objek wisata Ndas Gending tersebut. Kebanyakan pengunjung yang datang ke wisata mata air Ndas Gending ini adalah hanya orang-orang sekitaran Magelang saja. Untuk setiap harinya Ndas Gending tidak pernah sepi akan adanya pengunjung yang berdatangan.

Di samping mata air Ndas Gending ini juga terdapat sungai kecil yang biasanya digunakan untuk memancing dan lahan kangkung milik masyrakat sebagai tempat budidaya penanaman sayur kangkung. 

Untuk memasuki lokasi Ndas Gending, pengunjung tidak dipungut biaya, hanya cukup membayar parkir Rp2.000. Sangat terjangkau tidak, kita tidak perlu mengeluarkan uang puluhan bahkan ratusan ribu sudah bisa menikmati berenang di mata air Ndas Gending.

Selain sebagai tempat wisata pemandian, Ndas Gending juga digunakan sebagai pemasok air bersih bagi warga sekitar yang berada di area Ganjuran Sukoharjo, Kecamatan/Kabupaten Magelang. (Yohanes Dwiki H.W / magang Ayoyogya.com)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar