14 Pegawai Pemkot Jogja Positif Covid-19

  Kamis, 17 Juni 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Update Covid-19. (Shutterstock)

KOTA YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Sebanyak 14 pegawai di lingkungan Pemkot Yogyakarta dinyatakan Covid-19. 

Informasi ini disampaikan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam keterangannya, Kamis (17/6/2021). Pihaknya memastikan bahwa pelayanan masyarakat tidak terganggu dengan adanya kasus tersebut.

"Hari ini jumlah pegawai di Pemkot Yogyakarta ada 14 yang positif Covid-19," kata Heroe dalam berita Suara.com--jaringan Ayoyogya.com.

Heroe menjelaskan belasan kasus tersebut tersebar di tiga instansi milik pemerintah. Tiga instansi tersebut diketahui bahwa kantornya berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Pihaknya mencatat sebaran kasus itu berada di lingkungan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) sebanyak sepuluh kasus. Lalu terdapat satu kasus yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Sementara kegiatan pelayanan di tempat dua kantor itu ditiadakan terlebih dulu. Pasalnya hingga kini penelusuran kontak erat serta disinfeksi masih dilakukan.

"Di kantor tidak melayani. Pelayanan dilakukan secara online masih berjalan, karena dilakukan work from home," ungkapnya.

Sedangkan sisa kasus yang lain berasal di lingkungan kantor Pemadam Kebakaran (Damkar). Tercatat ada tiga kasus yang berasal dari kantor damkar tersebut.

Tiga kasus itu, kata Heroe, berasal dari dua orang yang tergabung dalam regu pemadam. Dengan satu orang lagi merupakan karyawan di bagian sekretariat yang diketahui tengah bekerja dari rumah atau WFH.

"Damkar hanya meliburkan satu grup tim Pemadam Kebakaran," imbuhnya.

Heroe belum merinci lebih jauh kasus mana yang menjadi penularan pertama atau yang pertama kali berhasil dideteksi. Begitu juga dengan kronologi penularan serta ada tidaknya keterkaitan antara 14 kasus Covid-19 di lingkungan Balai Kota itu.

Heroe menegaskan setelah proses tracing dilakukan serta hasilnya keluar. Kegitan perkantoran sudah berjalan normal kembali.

"Jadi pelayanan di pemkot tidak terganggu, semua masih bisa dilayani. Artinya kantor dinas lainnya beroperasi seperti biasa, dan sebagaimana PPKM berlaku sebagian masih 50 persen WFH," tegasnya.

Terkait dengan kondisi para kasus positif Covid-19 tersebut, Heroe menyebut setiap pasien mengalami gejala berbeda.

"Gejala yang dihadapi berbeda-beda, ada yang tidak bergejala, ada yang panas ada juga yang hilang penciuman dan lain-lain," tandasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar