KPU Tetapkan Sunaryanto-Heri sebagai Bupati-Wakil Bupati Gunungkidul

  Jumat, 22 Januari 2021   Regi Yanuar Widhia Dinnata
KPU Tetapkan Sunaryanto-Heri Susanto Sebagai Bupati-Wakil Bupati Gunungkidul, Jumat (22/1/2021). (Suara.com /Julianto)

GUNUNGKIDUL, AYOYOGYA.COM -- KPU Gunungkidul menetapkan Sunaryanto-Hery Susanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul periode 2021-2024.

Penetapan tersebut bertempat di Bangsal Sewoko Projo, Jumat (22/1/2021). Dalam rapat pleno terbuka tersebut, tidak semua pasangan konstestasi Pilkada Gunungkidul 2020 hadir. Mereka hanya diwakili oleh beberapa orang Tim Sukses masing-masing.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan telah menerima surat dinas dari Mahkamah Konstitusi (MK) tertanggal 20 Januari 2021 tentang penetapan. MK menyebut tidak ada permohonan sengketa untuk Pilkada Gunungkidul.

"Maka karena tidak ada permohonan sengketa, maka maksimal lima hari untuk dilakukan penetapan," terangnya, Jumat (22/1/2021).

Penetapan calon terpilih dilaksanakan setelah lima hari KPU menerima surat ada tidaknya sengketa yang teregistrasi di MK sesuai di PKPU No 5 tahun 2020.

Hani menyebut berdasarkan buku register MK di wilayah DIY, yaitu Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Sleman tidak ada sengketa yang terigistrasi di MK. Oleh karena itu, proses penetapan pasangan terpilih Sunaryanto-Heri Susanto bisa segera dilakukan.

"Pasangan meraup suara 155.878 dalam Pilkada 2020 kemarin. Beliau pemenangnya," tandasnya.

Sesuai dengan Peraturan KPU maka sehari setelah penetapan maka pihaknya akan langsung melayangkan surat usulan pengangkatan bupati dan wakil bupati ke DPRD Gunungkidul. Surat tersebut nantinya akan diteruskan ke Gubernur DIY untuk melaksanakan pelantikan.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengucapkan selamat kepada bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada 2020. Ia menilai Pilkada 2020 sudah dilaksanakan secara profesional dan berintegritas. Hal tersebut memiliki dampak positif dengan suksesnya penyelenggaraan pemilihan sejak tahap awal sampai dengan akhir.

"Terlebih lagi selama penyelenggaraan seluruh tahapan pemilihan tidak terjadi hal-hal yang cukup berat dan juga mengganggu jalannya pemilihan terciptanya kondusifitas wilayah ini," ujarnya.

Hal itu merupakan salah satu dampak positif dari kedewasaan politik pada Gunungkidul yang semakin baik serta kerja keras aparatur keamanan dan seluruh komponen tugas KPU Gunungkidul dalam mengantisipasi secara baik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar