CPU 2 Alat Berat di Proyek Kereta Bandara YIA Dirampok

  Jumat, 16 Oktober 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi alat berat. ( Dimitris Vetsikas/Pixabay )

KULON PROGO, AYOYOGYA.COM — Tindak pencurian terjadi di proyek jalur kereta api Yogyakarta International Airport.

Lokasi pencurian tersebut persisnya terjadi di Kalurahan Kalidengen, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo. Sebuah CPU alat berat (backhoe) berhasil digondol kawanan pencuri.

Salah seorang saksi sekaligus operator alat berat, Nur Fatah (42), mengaku menyadari aksi pencurian ini pada Kamis (15/10/2020). Nur, yang baru saja datang ke lokasi kejadian, melihat kaca depan alat berat tersebut sudah tergeletak di tanah.

Saksi, yang curiga, kemudian berinisiatif untuk melakukan pengecekan ke dalam alat berat tersebut. Dari situ didapati piranti utama, yakni CPU, monitor, dan sensor engine sudah raib digondol maling.

Aksi pencurian langsung dilaporkan kepada pihak berwenang dan langsung ditindaklanjuti dengan melakukan pengecekan di alat berat lainnya. Hasilnya, ditemukan satu CPU alat berat lainnya yang juga sudah hilang.

“Benar memang ada dua alat berat jenis backhoe yang CPU dan monitornya hilang dicuri,” ujar Kasubag Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jefry, Jumat (16/10/2020).

Dijelaskan Jefry, polisi yang telah mendapatkan laporan masih melakukan olah TKP dengan meminta keterangan sejumlah saksi dan korban. Saat ini kasus ini masih dalam penyelidikan petugas kepolisian.

“Masih kita selidiki, semoga segera terungkap,” katanya.

Jefry menambahkan, kasus pencurian CPU alat berat kerap terjadi sebab selain terbilang mudah untuk diambil, harga yang penjualan barang itu pun cukup mahal. Pelaku tidak jarang mencari celah saat alat berat diparkir tanpa pengaman ketat.

Akibat aksi pencurian ini, PT Calista Perkasa Mulia, yang diketahui sebagai vendor proyek, ditaksir mengalami kerugian hingga Rp200 juta.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar