Lebih dari 19.000 UMKM Jogja Belum Punya Legalitas Usaha

  Kamis, 15 Oktober 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Ilustrasi UMKM (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

KOTA YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM — Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyebutkan, UMKM yang sudah mengantongi legalitas usaha di wilayahnya baru mencapai 6.993.

Sementara, total UMKM yang ada di Kota Yogyakarta mencapai 26.000 UMKM. Artinya, masih ada 19.007 UMKM yang belum mengantongi legalitas usaha.

Pihaknya pun mengaku terus mendorong agar segera mengajukan legalitas usaha. Hal ini dilakukan agar UMKM masuk sebagai kategori dalam penerima bantuan permodalan.

"Tentunya harapan kita semua dengan kuatnya permodalan, dapat membangkitkan kembali perekonomian pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19," kata Haryadi dalam rapat koordinasi pengembangan UMKM melalui pembiayaan mudah di Indoluxe Hotel, Kamis (15/10/2020).

Haryadi menyebut, pelaku UMKM di Kota Yogyakarta bergerak hampir di seluruh jenis lapangan usaha. UMKM ini memiliki potensi dan berperan besar dalam mengembangkan perekonomian daerah di tiap sektor.

Baik itu sektor perdagangan, jasa, industri kecil hingga pariwisata. Dengan melihat potensi tersebut, kata Haryadi, maka arah kebijakan dalam pemberdayaan usaha di Kota Yogyakarta yakni melalui pendekatan keberpihakan atau afirmatif.

"Yang diwujudkan dalam bentuk pemberian kesempatan berusaha, dukungan peningkatan kapasitas dan keterampilan berusaha, serta perlindungan usaha, termasuk penguatan permodalan," jelasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar