Melonjak, Pasien Positif Covid-19 di DIY Bertambah 12 Orang

  Rabu, 25 Maret 2020   Regi Yanuar Widhia Dinnata
Petugas kesehatan dengan menggunakan APD menangani pasien yang diduga terindikasi virus corona saat simulasi penanganan pasien yang terdeteksi virus corona di RS Margono Soekarjo Purwokerto, Senin (3/1/2020). (Suara.com/Anang Hermansyah)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM — Pasien positif Covid-19 di DIY melonjak.

Kalau Selasa (24/03/2020) kemarin 6 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan positif corona maka Rabu (25/03/2020) ini bertambah 12 orang.

Sehingga total pasien yang dinyatakan positif Covid-19 mencapai 18 orang. Dari jumlah itu, satu pasien balita 3 tahun dinyatakan sembuh, tiga orang lainnya meninggal dunia.

"Iya total 18 positif," ujar Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih saat dihubungi, Rabu sore.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DIY tersebut, kasus positif corona di Sleman bertambah enam orang, Bantul satu orang, Kota Jogja dua orang, Gunung Kidul satu orang dan Kulon Progo satu orang. Satu kasus positif lainnya dari Kebumen Jateng.

Dari tambahan 12 kasus baru, dua diantaranya meninggal dunia. Yakni pasien ke-10, laki-laki 69 tahun dari Depok, Sleman yang diisolasi di RS Bethesda.

Satu pasien meninggal lainnya kasus ke-17, laki-laki 54 tahun dari Kebumen, Jateng. Pasien selama ini dirawat di RS Panti Rapih.

Lonjakan angka pasien positif ini terjadi karena akumulasi uji lab swab sebelumnya yang belum keluar. Hasil lab baru didapat karena Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY yang menjadi tempat menguji sampel swab sempat mengalami kekosongan primer yang menjadi salah satu bahan baku uji Polymerace Chain Reaction (PCR).

Seperti diketahui, sebanyak 115 PDP di DIY sudah dilakukan uji swab hingga saat ini. Karenanya selain 18 pasien yang dinyatakan positif corona, 33 PDP dinyatakan negatif corona. Sedangkan 64 orang lain masih menunggu hasil lab.

"Untuk yang menunggu proses hasil lab, dua orang dinyatakan meninggal. Keduanya laki-laki usia 73 tahun dari Bantul dan 66 tahun dari Gunung Kidul," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar