Legendaris, Serabi Kocor Bu Ngadinem Jajanan Wajib Wisata Bantul

  Senin, 23 September 2019   Adib Auliawan
Serabi Kocor Bu Ngadinem (Kadek Delia/Magang Ayosemarang)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Jika berkunjung ke DI Yogyakarta ada satu jajanan legendaris yang tidak boleh terlewatkan. Serabi Kocor Bu Ngadinem namanya. Terletak di jalan Bantul KM 6, Dusun Nyemengan, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, serabi dengan kuah santan ini memiliki citarasa yang gurih dan disukai berbagai kalangan. Tidak heran, usaha serabi milik Ibu Ngadinem ini sudah ada sejak 20 tahun yang lalu. Wah, legendaris sekali. 

“Serabi kocor ini sudah lama, Mbak. Sudah dua puluh tahunan,” jelas Bu Ngadinem saat ditemui Ayosemarang, Minggu (22/09/2019).

Dimasak dengan loyang terbuat dari tanah liat, dengan kios bertiang bambu dengan atap terpal, membuat jajanan legendaris ini memiliki ciri khas aroma yang tetap tradisional. Di kios ini disediakan tikar dan satu buah kursi panjang dan di bagian samping tenda untuk pelanggan yang ingin menikmati serabi di lokasi.

Dibantu oleh dua rekannya, Bu Ngadinem biasa memproduksi 3-4 kg bahan adonan serabi per harinya. Harga jual serabi kocor ini tergolong murah. Untuk satu porsi berisi dua serabi yang ditangkup dijual dengan harga Rp 2500.

“Dulu harganya lima ratusan, Mbak. Tapi karna semakin lama BBM kan naik, jadi harganya juga naik-naik terus sampai jadi dua ribu lima ratus,” katanya.

Biasanya, kios ini buka mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB, waktu yang tepat untuk menyantap serabi hangat bersama segelas kopi atau minuman lain yang bisa dipesan di angkringan yang bersebelahan dengan kios. Lengkap dengan guyuran kuah santan gurih yang dicampur gula aren, serabi kocor sangat tepat menikmati waktu bersantaimu di Bantul.

Tunggu dulu, tapi jika kamu mau berkunjung ke sini, harap bersabar ya. Mengingat kios yang sederhana tidak terlalu besar dengan pengunjung yang silih berganti, kamu harus tetap sabar menunggu antrian. Memanjakan lidah dengan penganan tradisional legendaris ini memang perlu perjuangan. Tapi dengan kucuran kuah gurih manis tanpa pemanis buatan, dijamin kamu akan ketagihan dengan serabi legendaris ini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar